Hubungi Kami Dan Silahkan Cek Bahan Material
Menu
Paket Terpasang

Maaf, belum tersedia paket terpasang untuk ditampilkan

Beranda » Uncategorized » Cara Memilih Struktur Rangka Atap Baja Ringan

Cara Memilih Struktur Rangka Atap Baja Ringan

Dipublish pada 4 June 2022 | Dilihat sebanyak 523 kali | Kategori: Uncategorized

Struktur Rangka Atap Baja Ringan – Rangka baja ringan merupakan salah satu jenis atap atap konvensional yang biasanya terbuat dari kayu. Rangka atap ini semakin banyak digunakan dan semakin banyak beredar di pasaran dengan berbagai kualitas dan harga yang ditawarkan.

Rangka Atap Baja Ringan

Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, karena tidak serta menjamin kualitas dari Rangka Atap Baja Ringan . Sebagai bagian dari interior bangunan yang berfungsi untuk menopang atap, tentunya kualitas menjadi hal yang paling utama. Karena berkaitan dengan keselamatan jiwa atau penghuni di bawahnya. Kekokohan adalah hasil prioritas.

Cara Memilih Struktur Atap Baja Ringan

Kualitas Bahan

Material baja yang digunakan adalah baja berkualitas tinggi atau biasa disebut High Tension Steel. Untuk lapisan karat yang sering digunakan adalah lapisan seng yang disebut galvanized dan AZ (aluminium dan seng). Sedangkan untuk ketebalan, standar umum yang digunakan adalah lapisan aluminium tidak boleh kurang dari 150 gram/m2 dan lapisan seng/galvanis kurang dari 180 gram/m2. Ketebalan lapisan anti karat ini akan mempengaruhi umur ketahanan baja karat.

Desain Struktur

Untuk desain struktur, pilih produk yang memiliki dukungan perangkat lunak komputer khusus untuk konstruksi baja ringan. Software khusus yang digunakan disebut Quick Series. Perangkat lunak ini biasanya terintegrasi dengan program teknik sipil, seperti Briscal atau Framecad.

Sistem Penguatan

Rangka atap baja ringan terbuat dari baja tipis, namun telah dibuat profil yang kuat, dengan kekuatan tinggi, tetapi kekakuan rendah. Dengan kekakuan yang rendah, sistem rangka atap baja ringan harus dilengkapi dengan bresing yang memadai. Jika tidak, akan berakibat fatal dengan runtuhnya sistem atap baja ringan.

Jaminan Atau Garansi

Terakhir adalah garansi yang meliputi struktur, material (material), desain, dan instalasi (konstruksi). Jaminan konstruksi minimal lima tahun, dikeluarkan oleh aplikator, yaitu perusahaan yang ditunjuk oleh pabrikan yang akan bertanggung jawab atas kesalahan dalam konstruksi dan pemasangan. Sedangkan garansi material selama 10 tahun, yang dikeluarkan oleh produsen/pabrik atas kualitas material yang digunakan.

Analisis Rangka Baja Ringan Terbaru

Desain Struktur Aman

Bahan baja ringan tidak cukup hanya berkualitas saja. Namun juga membutuhkan perangkat lunak khusus untuk mendesainnya menjadi struktur rangka atap yang mampu menopang beban. Nantinya, desain akan menghasilkan informasi tentang material, seperti ketebalan dan jenis profil baja, jumlah susunan, dan lokasi rangka. Bukan sekedar gambar biasa.

Kekuatan Tekanan

Berbeda dengan baja konvensional, baja ringan relatif tipis dan ringan. Itu sebabnya, ada kriteria khusus agar kekuatannya bisa dipertahankan. Seperti sifat tarik tinggi (high tensile strength) G550 atau 550 Mpa merupakan persyaratan untuk baja ringan. Artinya, meski ringan dan tipis, ia mampu menopang beban berat. Sehingga ketika digunakan sebagai rangka atap, baja ringan masih mampu menyambungkan penutup atap yang lebih berat seperti genteng tanah liat, misalnya.

Sistem Terintegrasi

Kriteria lain yang dapat mengukur kekuatan baja ringan adalah sistem yang terintegrasi. Hal ini mengingat rangka atap baja ringan merupakan satu kesatuan sistem yang saling berhubungan. Artinya, itu bukan struktur yang berdiri sendiri. Karena itu juga tidak bisa diperlakukan sama sebagai satu kesatuan materi.

Bahkan untuk harganya tergantung desain atap yang diinginkan. Dalam hal ini, kualitas sambungan atau khusus yang digunakan juga harus baik. Itulah beberapa kriteria untuk mengukur kekuatan baja ringan. Selain faktor tersebut, material baja ringan yang digunakan juga perlu diperhatikan.

Jenis Rangka Atap Baja Ringan

Pemilihan jenis baja ringan pekerjaan penting, hal ini menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Pilih jenis rangka baja yang sesuai dengan fungsinya. Pilihan rangka baja yang dapat dipilih antara lain atap jenis spandek baja ringan, atap polycarbonate solarlite atau atap polycarbonate x lite, dan atap go green.

Kemiringan Rangka Atap Baja Ringan

Saat memasang rangka baja, kita perlu mengetahui ketinggian kemiringan atap. Semakin miring tentunya semakin lebar atap yang akan digunakan. Idealnya kemiringan atap antara 250 atau 300. Saat kita membuat atap dengan kemiringan seperti ini, bangunan akan terlihat ideal dan lebih pas.

dari Beban Rangka Baja

Selain memperhatikan jenis rangka baja yang akan digunakan, kita juga perlu memperhatikan beban yang akan diterima oleh rangka baja tersebut. Hal ini akan sangat mempengaruhi daya tahan dan kekuatan rangka baja. Meskipun tidak dapat dihitung secara pasti, namun kita dapat menghitungnya dengan menggunakan perkiraan yaitu dengan memperhatikan atap yang digunakan dan jumlah atap yang digunakan.

Lapisan Anti Karat Pada Rangka Baja

Salah satu komponen penting dalam baja ringan adalah lapisan anti karatnya. Jenis pelapis yang digunakan untuk setiap merk baja ringan tentunya berbeda-beda. Ada atap galvanik (Zinc), galvalum dan zincalume (kombinasi seng, aluminium dan silikon) dan ZAM (Seng, Aluminium dan Magnesium). Perbedaan campuran ini akan mempengaruhi ketahanannya terhadap zat lain seperti garam, larutan asam dan larutan basa.

Semua Jasa Pasang Baja Ringan

  1. Pasang Baja Ringan
  2. Pasang Rangka Atap Baja Ringan
  3. Toko Baja Ringan
  4. Toko Baja Ringan Jogja
  5. Baja Ringan Bantul
  6. Atap Baja Ringan Murah
  7. Baja Ringan Klaten
  8. Toko Baja Ringan Terdekat
  9. Baja Ringan Yogyakarta
  10. Jasa Pemasangan Baja Ringan
  11. Jual Baja Ringan Kencana
  12. Jasa Bangun Rumah
  13. Toko baja ringan
  14. Baja Ringan
  15. Atap Baja Ringan Murah
  16. Kanopi Baja Ringan
  17. Baja Ringan Jogja
  18. Pasang Baja Ringan

Semua Jasa Pasang Plafon

  1. Toko Plafon Pvc
  2. Plafon Pvc Jogja
  3. Plafon Pvc Klaten
  4. Plafon Pvc Prambanan
  5. Plafon Klaten
  6. Jogja Plafon Pvc
  7. Klaten Plafon Pvc

Demikian ulasan tentang, Cara Memilih Struktur Rangka Atap Baja Ringan, Semoga bermanfaat. Untuk Pasang Baja Ringan Hubungi kami . 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Pemasangan Plafon Gypsum

Pemasangan Plafon Gypsum

Dipublish pada 6 May 2022 | Dilihat sebanyak 625 kali | Kategori: Uncategorized

Pemasangan Plafon Gypsum, Plafon merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rumah. Hampir semua rumah di Indonesia memiliki plafon. Anda juga pasti sudah akrab dengannya. Jika Anda masih asing, plafon merupakan bagian dari bangunan yang berada di antara dinding dan atap. Plafon... selengkapnya

Cara Pasang Plafon Pvc

Cara Pasang Plafon Pvc Yang Benar

Dipublish pada 21 May 2022 | Dilihat sebanyak 573 kali | Kategori: Uncategorized

Cara Pasang Plafon Pvc Yang Benar – Plafon polyvinyl chloride (pvc) saat ini menjadi primadona bagi sebagian masyarakat di indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena bahan ini memiliki kelebihan yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis bahan plafon lainnya. Dengan... selengkapnya

Atap Baja Ringan

Harga Atap Baja Ringan Per Lembar

Dipublish pada 29 May 2022 | Dilihat sebanyak 296 kali | Kategori: Uncategorized

Harga Atap Baja Ringan Per Lembar ,  Harga atap baja ringan sangat bervariasi tergantung kebutuhan Anda. Rumah atau bangunan saat ini tidak hanya mengandalkan genteng sebagai penutup atap. Banyak yang memilih menggunakan bahan lain, seperti spandex dan galvalume, karena dikatakan... selengkapnya